Monday, August 17, 2015

Tips Posisi Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan



Tips Posisi Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan – Tidur itu merupakan suatu kondisi istirahat alami yang dilakukan oleh manusia dan hewan. Tidur sangat pentung untuk kesehatan. Setiap Orang membutuhkan waktu tidur yang ideal adalah sekitar sepertiga waktu hidupnya dalam satu hari, atau kurang lebih sekitar 6-8 jam sehari.

Tubuh secara otomatis akan “meminta” tidur apabila tubuh sudah merasa lelah, maka respon dari otak kita adalah mengantuk sehingga memaksa tubuh kita untuk beristirahat secara mental dan fisik. Hanya dengan waktu tidur yang cukup maka kita akan merasa bugar ketika bangun di pagi hari, sehingga tubuh kita lebih siap dalam beraktifitas di siang hari.

Berikut merupakan tips kesehatan untuk posisi tidur yang baik agar kualitas tidur kita lebih baik dan menyehatkan.

1. Tidur tanpa pegal dengan tidur terlentang

Terlalu banyak duduk disiang hari karena aktifitas bekerja atau sekolah menyebabkan nyeri punggung yang menyiksa. Untuk membantu mengurangi sakit pada punggung di pagi hari, cobalah tidur dengan posisi terlentang dan lurus.

Posisi ini bisa membuat tulang leher dan punggung menjadi normal. Jangan gunakan bantal pada posisi ini, agar seluaruh organ tubuh menjadi sejajar dengan jantung, sehingga aliran darah ke otak lebih lancar. Namun jika anda memiliki maslah pernafasan saat tidur, posisi tidur ini tidak disarankan karana akan membuatnya lebih parah.

2. Posisi Star fish untuk wajah tanpa kerut

Kulit wajah tanpa kerutan merupakan idaman hampir semua wanita. Tidur dengan posisi ini bisa membantu untuk mewujudkannya. Posis tidur semacam ini bisa mengurangi kerutan dan lipatan di wajah anda.

Dengan merentangkan tangan anda ke atas dapat membantu anda untuk menjaga bentuk tubuh, dan membuat otot-otot tubuh menjai lebih riles. Namun posisi ini juga memiliki kekurangan seperti posisi pertama bila di lakukan oleh orang yang memiliki masalah pencernaan.

3. Perbaiki Pencernaan dengan Tidur Tengkurap

Posisi tidur dengan tengkurap dapat membuat pencernaan lebih baik. Namun posisi ini dapat membuat anda lebih sering ke kamar mandi di malam hari.

Posisi ini cocok untuk anda yang sering membungkuk sepanjang hari, karena duduk yang lama atau posisi lainnya dapat membuat struktur tulang menjadi tidak normal. Dengan tidur tengkurap dapat membuat anda jauh lebih nyaman.

4. Redakan Nyeri Maag dengan Tidur Miring Ke Kiri

Penelitian yangdilakukan oleh The Journal of Clinical Gastroenterology, tidur dengan posisi miring ke kiri dapat menutup sambungan antara perut dan kerongkongan walau pun sedang dalam kondisi asam lambung tinggi, sehingga apabila anda sedang sakit maag, posisi ini akan mengurangi rasa begah dan mual.

5. Tidur Nyenyak dan Berkualitas dengan Tidur Miring ke Kanan

Untuk memperlancar pernafasan saat tidur, mempercepat pengosongan lambung , dan memperlancar BAB anda , disarankan untuk tidur miring ke kanan. Dengan posisi ini, lambung anda akan lebih cepat beristirahat. Untuk yang sedang diet juga tidur dalam posisi ini dapat membatu untuk melancarkan pencernaan anda.

1 comment:

  1. Artikel yang bagus dan menarik min, jika diperbolehkan maka jawablah pertanyaan ini.Apakah posisi tidur yang baik dapat menyebabkan penyakit vertigo ? Dan bagaimana dengan sakit kepala belakang apakah disebabkan oleh posisi tidur yang tidak baik? Terima Kasih….

    ReplyDelete