Wednesday, August 19, 2015

Tips Alami Menjaga Kesehatan Telinga



Telinga atau kuping merupakan organ penting yang ada pada tubuh kita, Fungsi utama telinga adalah sebagai alat pendengaran, oleh karena itu memperhatikan beragam hal tentang kesehatan telinga tentu suatu hal yang wajib diketahui.

Pada kesempatan artikel kali ini, kami akan beberapa tips kesehatan dan kecantikan dalam menjaga dan merawat telinga sebagai organ pendengaran.Telinga memiliki kegunaan utama untuk alat pendengaran, apabila telinga tidak sehat otomatis pendengaran kita pun menjadi terganggu. Dan umumnya dengan pola hidup  sehat, telinga dapat tetap terjaga kesehatannya. Pola hidup disini erat kaitannya dengan lifestyle.

Sebuah gangguan pada telinga seringkali dapat terjadi jika kita abai serta malas merawat kebersihan telinga, yang mengakibatkan telinga terasa sakit bahkan apabila cukup parah, fungsi pendengaran telinga bisa turun atau hilang sama sekali, alias tuli, Kita tentu tak menginginkan hal ini terjadi bukan?

Berikut ini beberapa bad habit yang dapat mengakibatkan gangguan organ pendengaran atau telinga. Mari kita bahas dan jangan dibiasakan kebiasaan buruk di bawah ini:

1. Sering mendengarkan suara yang terlalu keras

Kegemaran mendengarkan musik dengan volume yang terlalu keras, dapat mengakibatkan gangguan pada telinga. Karena memang gendang telinga memiliki batasan rentang volume suara dan frekuensi. Jika terus melakukan kebiasaan buruk ini, fungsi pendengaran akan menurun. Jadi, biasakanlah mendengarkan suara dengan volume yang wajar. Jika kita berada di lingkungan dengan suara yang keras, contohnya di pabrik, maka kita dapat menggunakan earplug atau tutup telinga,.

2. Membersihkan bagian luar telinga secara rutin

Salah satu cara merawat kesehatan telinga agar lebih terjaga dan tanpa obat-obatan adalah dengan
teratur membersihkan bagian luar telinga. itu karena telinga Kita memiliki lubang bersudut-sudut, dan ada bulu halus pada bagian tersebut, yang berfungsi menahan kotoran agar tidak masuk ke bagian dalam telinga. Agar kotoran tidak menumpuk sebaiknya kita rutin membersihkan bagian luar telinga tersebut setiap hari.

3. Jangan membersihkan telinga bagian dalam

Membersihkan telinga bagian dalam, walaupun menggunakan cotton bud yang sifatnya lembut, tidak disarankan. Karena kemungkinan besar bisa melukai bagian dalam telinga Kita dan akhirnya infeksi. Walaupun beberapa pendapat membolehkan untuk membersihkan telinga bagian dalam secara pelan-pelan, tetap saja resiko tergores itu besar, dan sebaiknya hindari resiko tersebut!

Untuk membersihkan bagian dalam telinga, lebih baik pergi ke dokter spesialis THT karena mereka memiliki alat khusus, dan itu jauh lebih aman. Kita bisa merasa aman dan bebas terhindar dari ancaman infeksi telinga.

Demikian bahasan tentang cara menjaga dan merawat kesehatan telinga, semoga bisa bermanfaat.

Sampai jumpa di artikel lain tentang tips dan perawatan tubuh.

No comments:

Post a Comment